Skip to main content

Macam Macam Tanaman Bunga Sebagai Penghias Rumah

Indonesia memiliki suhu beriklim tropis sehingga pada tanah air kita ini terdapat macam macam tanaman bunga yang dapat tumbuh berkembang dengan subur. Tidak hanya bunga asli Indonesia saja yang bisa tumbuh dengan baik disini, terdapat banyak sekali tananaman bunga impor yang bahkan bisa tumbuh lebih baik daripada di habitat asalnya.

Oleh karena itu terdapat banyak pilihan jenis tanaman bunga yang bisa anda pilih sebagai penghias rumah. Beberapa macam tanaman bunga yang bisa anda pilih adalah sebagai berikut :

Gandasuli (Hedychium coronarium)

tanaman bunga hias
Gandasuli termasuk ke dalam suku Zingiberaceae dan berkerabat dengan beberapa tanaman obat seperti Jahe dan Lengkuas. Bentuk daun Gandasuli mirip daun lengkuas dan ia juga mempunya akar tinggal di dalam tanah. Bunganya berwarna putih atau putih di dalam bintik kuning serta bebau harum. Bentuknya tidak kalah indah dengan jenis tanaman bunga lainnya yang sudah tersohor.

Bunga bunga dari gandasuli duduk pada tangkai yang panjang dan merupakan rangkaian yang sedap dipandang. Tanaman ini mudah dipelihara di tempat yang disinari matahari, tanahnya dicangkul dengan baik dan diberi pupuk kompos. Ia juga dapat tumbuh di tempat yang tanahnya agak basah.

Perbanyakan tanaman ini dilakukan dengan menggunakan anakan. Gandasuli merupakan tanaman yang berasal dari India. Di Inia tumbuh Gandasuli  yang bunganya berwarna kuning, bentuknya agak besar yang memiliki nama latin Hedychium flavum.

Honje (Phaeomeria speciosa)

honje
Siapa sangka, bunga honje yang banyak tumbuh liar, jika sudah menjadi karangan bunga dapat menarik perhatian kaum wanita. Bunga honje dikenal  oleh kaum wanita Indonesia karena bnyak dijual di pasar. Maksud tukang sayur menjual bunga honje adalah untuk campuuran bumbu sayur dan urab.

Akhir akhir ini banyak kaum hawa yang mempunyai ide untuk memberi nilai lebih tinggi bagi bunga ini dengan jalan menyusunnya dalam karangan bunga. Pelaksanaan ide itu ternyata tidak mengecewakan. Karena ternyata karangan bunga yang dibuat dari honje terlihat bagus baik warnanya maupun bentuknya. Tangkai bunga panjang dan kuat. Baunya tidak menjadi halangan untuk menggunakan bunga ini sebagai tanaman penghias rumah.

Untuk menanam dan memelihara tanaman bunga ini juga tidaklah sulit. Honje yang merupakan tanaman dari suku Zingiberaceae ini mempunyai akar tinggal yang dapat dipergunakan untuk bibit. Honje harus ditanam di tempat yang agak terlindung. Tanahnya dicangkul agak dalam dicampur pupuk kandang yang telah matang. Jarak antar tanaman sebaiknya 1 atau 2 meter karena tanaman ini tumbuhnya cepat dan banyak anakannya. Di desa desa penduduk menanam honje untuk dijual bunga dan buahnya. Buahnya ini rasanya segar dan di priangan orang suka memakan buah honje muda sebagai pelengkap rujak.

Kembang Goyang (Gaillardia pulchella)

bunga kembang goyang
Warna bunganya bermacam macam dan indah sehingga tanaman bunga ini sangat cocok dijadikan penghias rumah. Tanaman yang berasal dari Amerika ini berbunga lebat dan biasanya ditanam sebagai tanaman tepi dan ditanah pekarangan rumah.

Tanah yang akan ditanami harus dicangkul dengan baik dan diberi pupuk cukup. Biji kembang goyang bisa terus ditanam di tanah pekarangan. Tetapi sebaiknya disemaikan dulu dipersemaian supaya mudah mengatur jarak tanamnya. Hal ini dikarenakan sebaiknya tanaman ini diberi jarak tanam satu kaki. Karena kembang goyang berbunga banyak, di waktu turun hujan kadang kadang tanaman rebah. Supaya hal ini tidak terjadi maka tanaman perlu diberi tiang kecil dari bambu (ajir) dan diikat hanya pangkal cabang tanaman saja pada ajir. Pekerjaan pemberian ajir ini harus dilakukan dengan baik.

Tanaman bunga ini dapat dipelihara di dataran rendah dan di pegunungan. Kembang goyang dapat diperbanyak dengan biji, membagi bagi rumpun indauk tanaman, menyangkok dengan melengkungkan batang tanaman dan juga menggunakan steknya sebagai bibit.

Kembang Kertas (Helichrysum brachteatum)

bunga kertas
Nama kembang kertas itu mudah dimengerti karena daun bunga 1 yang berlapis kuning, putih dan merah bila bunga tanaman ini dikeringkan daun daun bunga itu menjadi keras seperti kertas. Konon katanya dulunya bunga dari tanaman ini dijadikan sebagai tempat menulis (kertas).

Cara pembuatannya tidaklah sulit. Pertama bunga yang baru mekar dipotong dari tanaman. Kemudian tangkai bunga digantungkan ke arah atas dan bunganya ke arah atas dan bunganya ke arah bawah. Digantungkan di tempat yang teduh. Setelah daun bunga dan tangkai bunga kering, bunga bunga itu dapat disimpan berbulan bulan dan dijadikan tempat menulis.

Bunga kertas hanya dapat di tanam di pegunungan. Tukang bunga di Jawa Barat menanam bunga itu di pegunungan. Hasil bunga yang mereka peroleh dijual di beberapa tempat. Tanaman ini memerlukan tanah yang mengandung zat zat untuk makanannya. Tegasnya ia dapat hidup (tumbuh) dengan baik i tanah yang subur.

Helichrysum berasal dari Afrika dan Australia. Kembang kertas banyak jenisnya begitu pula warna warni bunganya ada yang kuning dan jingga kekuningan.

Comments