Skip to main content

Jaringan Meristem Pada Tumbuhan: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Fungsinya

meristem
BimaSakti - Organ tumbuhan terbagi atas beberapa sistem jaringan yang tersebar di beberapa bagian seperti akar, batang serta daun. Salah satu jaringan yang memiliki kemampuan membelah diri secara terus menerus dengan cepat adalah jaringan meristem tumbuhan. Berkat kemampuannya jaringan yang bersifat embrional tersebut mampu menambah jumlah sel-sel yang ada pada sebuah tumbuhan. Namun sayangnya jaringan ini tak berada di seluruh organ tubuh tumbuhan, namun tersebar dibagian-bagian tertentu saja. 
Ciri Jaringan Meristem Tumbuhan
Sebagai pembeda setiap jaringan yang ada dalam tumbuhan hadir dengan tanda khusus yang bisa menjadi ciri khasnya. Begitupun dengan jaringan meristem pada tumbuhan, kelompok sel ini juga memiliki ciri-ciri khusus yang menjadi pembeda antara jaringan-jaringan pendukung pertumbuhan tanaman. Salah satu cara untuk mengetahui ciri-ciri jaringan meristem tumbuhan bisa dilihat dari bentuk serta struktur sel yang sama. 
Umumnya sel-sel pada jaringan ini memiliki dinding sel yang bertekstur tipis berkat adanya protoplasma yang dikandungnya. Namun sel-sel yang dimiliki oleh jaringan ini tidak mengandung zat makanan tertentu. Biasanya sel-sel dengan ciri fisik tersebut diatas merupakan sel muda yang hendak tumbuh dan berkembang. 
Kegunaan dan Fungsi Jaringan Meristem
Mengingat ciri fisiknya yang sedemikian rupa, lantas apa kegunaan dan fungsi jaringan meristem tumbuhan ini untuk tumbuhan itu sendiri? Apakah keberadaannya mampu menjamin tumbuhan tersebut dapat bertumbuh subur? Pada dasarnya setiap tumbuhan memang memiliki kelompok jaringan-jaringan penyusun yang membantu proses tumbuh kembangnya. 
Namun setiap jaringan yang ada pada organ tumbuhan memiliki tugas tersendiri-tersendiri untuk mencapai sebuah kesuburan. Begitupun dengan jaringan meristem pada tumbuhan, kumpulan kelompok sel tersebut juga memiliki fungsi yang banyak guna mendukung tumbuh kembang sebuah tanaman. 
Ada enam fungsi jaringan meristem, diantaranya sebagai promeristem, sebagai jaringan meristem primer serta sebagai jaringan meristem sekunder. Selain itu jaringan meristem yang berada di bagian ujung akar dan batang juga berfungsi sebagai meristem apical. Lain halnya kegunaan jaringan meristem yang berada di jaringan dewasa, keberadaanya lebih sebagai meristem interkalar. 
Tentang Jaringan Meristem
Jikalau ditilik berdasarkan asal usulnya, jaringan meristem pada tumbuhan ini masih terbagai menjadi tiga bagian lagi yang mana ketiganya merupakan tahapan tumbuh kembang sebuah tanaman. Diantaranya adalah jaringan Promeristem yang mana jaringan ini masih berada di tingkat embrio yang hendak tumbuh dan berkembang. Nah nantinya jaringan promeristem akan berkembang dan membentuk sebuah jaringan meristem primer yang mana jaringan ini merupakan perkembangan lanjutan dari embrio. Setelah itu barulah membentuk sebuah jaringan meristem sekunder yang mana pada jaringan tersebut kelompok sel akan menjadi sebuah jaringan dewasa yang nantinya akan menjadi meristematis. 
Lain halnya jikalau dilihat berdasarkan letak dan posisinya, jaringan meristem tumbuhan ini dibedakan menjadi tiga macam yang mana ketiganya memiliki posisi yang berbeda-beda. Diantaranya adalah meristem apikal yang letaknya berada di bagian ujung akar dan serta ujung batang, jaringan lateral yang umumnya berada pada kambium serta kambium gabus dan yang terakhir adalah jaringan meristem interkalar yang berada di posisi jaringan dewasa. Jaringan dewasa itu sendiri berada di meristem primer seperti di pangkal ruas batang. 
Nah itulah tadi penjelasan mengenai jaringan meristem pada tumbuhan yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan baru bagi seluruh pembaca. Terima kasih. 

Comments